5 Persiapan Kuliah di New Zealand, Sudah Tahu Belum?

Updated: Apr 28





Persiapan kuliah di New Zealand perlu diketahui oleh Anda yang berminat berkuliah di sana. Mungkin Anda sudah mengetahui persyaratan kuliah di luar negeri secara umum, tapi tidak ada salahnya jika membaca persiapan berikut agar lebih mantap dan lebih siap mencari ilmu di negara indah satu ini.

Persiapan Kuliah di New Zealand

Hal yang perlu Anda persiapkan sebelum kuliah di New Zealand antara lain sebagai berikut.


1. Memilih Universitas dan program studi

Persiapan yang pertama tentunya berkaitan dengan universitas mana yang dipilih dan jurusan apa yang diambil. Pilih universitas yang unggul seperti Universitas Auckland, Universitas Otago, Universitas Canterbury, Universitas Victoria Wellington, Universitas Waikato, atau Unitec.


Namun semua tetap harus menyesuaikan jurusan yang ingin Anda ambil. Beberapa universitas unggul di jurusan tertentu jadi pilihlah universitas yang unggul di jurusan yang hendak Anda pilih.


Sebenarnya beda jalur beda pula cara pemilihan. Apabila Anda kuliah jalur mandiri maka bebas memilih, beda jika menggunakan jalur beasiswa. Untuk jalur beasiswa biasanya juga dibebaskan memilih universitas dan jurusannya, tapi di jenis beasiswa tertentu hanya disediakan untuk beberapa universitas saja.


2. Mempersiapkan dokumen dan persyaratan pendaftaran

Persiapan kuliah di New Zealand selanjutnya yaitu mempersiapkan dokumen dan persyaratan pendaftaran lainnya. Beda jalur kuliah dan universitas, beda pula persyaratannya. Persiapan satu ini harus dilakukan jauh-jauh hari dan secara matang, karena biasanya pengurusannya tidak semudah membalikkan telapak tangan.


Dokumen dan persyaratan pendaftaran juga menjadi syarat diterima tidaknya Anda jadi sebisa mungkin siapkan dengan cermat, jangan sampai ada beberapa dokumen yang salah atau kurang lengkap. Anda tidak mau gagal kuliah di New Zealand, hanya karena ada satu dokumen yang kurang bukan?


Oh ya syarat utama kuliah di New Zealand adalah Anda harus bisa bahasa inggris. Jadi perbaiki bahasa inggrismu mulai dari sekarang jika memang berniat ke New Zealand. Biasanya skor IELTS minimal adalah 6.0 dan skor TOEFL iBT minimal 80.


3. Mempersiapkan biaya kuliah

Persiapan kuliah di New Zealand selanjutnya adalah masalah biaya. Apabila Anda kuliah dengan jalur mandiri, maka perlu persiapan biaya yang cukup banyak sekitar 200 hingga 300 an juta. Biaya tersebut bisa lebih tinggi tergantung gaya hidup masing-masing.


Namun di New Zealand juga memperbolehkan mahasiswa untuk bekerja paruh waktu minimal 20 jam seminggu.


Nah Anda bisa memanfaatkan hal tersebut karena gaji di New Zealand per jamnya mencapai -+ NZD 16. Beda lagi jika Anda kuliah di jalur beasiswa, Anda tentunya akan mendapatkan keringanan biaya. Malah ada yang memberikan biaya kuliah dan biaya hidup full, tinggal pintar-pintar Anda mendapatkannya.


4. Mempersiapkan Visa Pelajar

Apabila ingin ke New Zealand untuk kuliah maka Anda perlu menyiapkan visa pelajar. Syarat mendapatkan visa pelajar antara lain yaitu surat diterima di kampus yang dipilih, bukti tabungan untuk biaya hidup, asuransi kesehatan, tiket pulang ke Indoenesia, dan lain sebagainya.


5. Mempersiapkan tempat tinggal

Tempat tinggal di New Zaeland seperti di Indonesia, jadi ada pilihan seperti asrama, hotel, flat, apartemen, homestay. Anda tinggal memilih yang sesuai budget. Untuk penerima beasiswa biasanya sudah disediakan asrama.


Butuh Informasi Lebih Lengkap? Kunjungi nznesia.com

Nah itu tadi ulasan tentang persiapan kuliah di New Zealand. Apabila Anda butuh informasi yang lebih lengkap, Anda bisa membaca di nznesia.com. Nznesia merupakan majalah berbahasa Indonesia yang membahas tentang kehidupan di Selandia Baru. Jadi Anda bisa mendapatkan banyak informasi menarik di dalamnya.