Fakta Menarik Selandia Baru yang Perlu Diketahui

Updated: Dec 2, 2019






Anda ingin berkunjung ke Selandia Baru? Jika iya, Anda perlu mengetahui beberapa fakta menarik Selandia Baru agar kunjungan Anda nantinya lebih mengesankan. Memangnya fakta apa yang perlu diketahui? Banyak fakta yang perlu Anda ketahui, antara lain sebagai berikut.


Luas Wilayah dan Jumlah Penduduk di Selandia Baru


Fakta menarik pertama berhubungan dengan luas daratan dan jumlah penduduknya. Luas Selandia Baru sekitar 268.021 km2. Luas ini merupakan dua kali dari luas pulau Jawa. Namun tahu tidak? Jumlah penduduk Selandia Baru sekitar 4,794 juta jiwa pada tahun 2017. Dan jumlah ini tidak ada setengah dari jumlah penduduk Jakarta.


Anda bisa membayangkan betapa sepinya negara ini bukan? Kebanyakan penduduknya juga tinggal di kota besar seperti Auckland, Wellington, Hamilton, dan Christchurch. Anda bayangkan saja kota-kota lain, pasti sangatlah sepi. Menurut beberapa sumber, Wellington saja yang merupakan ibukota tergolong sepi, lebih ramai di Auckland.


Nah dengan fakta menarik Selandia Baru tersebut Anda tentu bisa mengambil kesimpulan bahwa, kehidupan di New Zealand atau Selandia Baru itu sangatlah tenang dan jauh dari kebisingan. Sangat cocok bagi Anda yang ingin liburan di suasana yang tenang, namun tentu tidak cocok bagi Anda yang tidak menyukai suasana keramaian.


Bahasa Resmi: Bahasa Inggris dan Bahasa Maori


Bahasa yang digunakan di Selandia Baru antara lain yaitu bahasa Inggris dan bahasa Maori. Jadi Anda bisa bergaul dengan penduduk setempat jika Anda mahir berbahasa Inggris. Penduduk setempat pun akan mudah menjawabnya karena bahasa resmi mereka juga bahasa Inggris. Berbeda dengan penduduk Indonesia, tidak semua penduduk bisa bahasa Inggris jadi turis akan sulit berkomunikasi dengan penduduk lokal jika di Indonesia.


Aturan Saat Memasuki Selandia Baru

Fakta menarik Selandia Baru selanjutnya berhubungan dengan aturan-aturan saat ingin berkunjung ke Selandia Baru. Aturan yang dimaksud antara lain yaitu wajib memiliki visa Selandia Baru, melaporkan makanan yang dibawa, dan memahami batas barang bebas pajak.


Selandia baru memberikan syarat berupa bahan makanan yang boleh dibawa dan tidak, Anda bisa mengecek di situs resminya sebelum memutuskan untuk membawa makanan apa saja. Anda juga harus tahu keterangan batas terkait barang bebas pajak yang diizinkan.


Perbedaan Waktu di Selandia Baru


Fakta menarik Selandia Baru selanjutnya berhubungan dengan perbedaan waktu. Selandia baru terletak di tenggara Indonesia, tepatnya di tenggara Australia jadi waktunya lebih cepat dari Indonesia. Waktu Selandia Baru lebih cepat 3 jam dari WIT atau lebih cepat 5 jam dari WIB.


Namun di Selandia Baru ada yang namanya NZ DLS atau Daylight Savings Selandia Baru yang biasanya terjadi di bulan September akhir hingga awal April. Perbedaan waktu jika NZ DLZ adalah 6 jam lebih cepat dari WIB.


Mata Uang Negara Selandia Baru

Mata uang selandia baru adalah Dollar Selandia Baru atau NZ$. 1 NZ$ saat ini setara dengan Rp 9830, 04. Nah pembayaran di Selandia Baru bisa menggunakan kartu kredit jadi memudahkan para turis. Banyak juga mesin ATM di Selandia Baru yang bisa Anda pakai.


Demikian tadi pembahasan tentang fakta menarik Selandia Baru. Sebenarnya masih banyak fakta menarik lainnya, nah Anda bisa membacanya di nznesia.com. Nznesia merupakan majalah yang membahas tentang kehidupan masyarakat Indonesia di Selandia Baru. Anda akan menemukan banyak fakta menarik di dalamnya.