GAME on ! its HAMILTON !!!

Updated: Dec 3, 2019


Setelah kemarin nznesia meliput presiden PPI Auckland, kali ini nznesia juga sangat beruntung bisa ngobrol bersama orang keren lainnya. Bukan dari Auckland, tapi masih dua jam dari Auckland. Yaitu dari Hamilton. Dan orang tersebut adalah tidak lain adalah... Rajasain Edralin Siringoringo. Ketua PPI dari Hamilton.


Yang tahukah kamu, Bung Raja adalah orang pertama dari Hamilton yang masuk NZNESIA. (wah kami merasa bangga dan tersipu malu).


Bagamaina cerita dari bang Raja, inilah kisahnya, GAME ON !



nznesia + ppi Hamilton bang Raja



Rajasain Edralin Siringoringo


Asal Daerah di Indonesia?

Saya lahir Di Jakarta tapi semenjak 2010 saya ditugaskan oleh negara mengabdi di Merauke, Papua


Pendidikan Sekarang? pendidikan saya D3 Meteorologi dan S1 Teknik informatika. Lalu, bulan Desember 2018 nanti saya akan diwisuda atas kelulusan saya dari Post Graduate diploma of environmental Science





Gimana nih bang rasanya hidup di luar negeri? Khususnya di NZ?

Rasanya beda banget sama di Indonesia terutama iklim dan makanan. Ngerasa berat banget pas ngalamin musim dingin pertama kali dalam hidup. Di Hamilton suhunya beberapa kali minus pada malam hari sehingga saya ga bisa kemana mana, Cuma di kamar aja pakai heater. Kalau untuk makanan, saya harus masak karena ga cocok sama makanan disini kecuali makanan di restauran asia. Untungnya, Di New Zealand, bumbu dari Indonesia cukup lengkap terutama bumbu jadi indofood, Indomie segala rasa juga ada disini, cocok banget sama orang indonesia yang ga bisa lepas dari indomie hehe.


Apa yang sangat membedakan antara kemarin hidup di Indonesia dan sekarang di Hamilton?

Yang sangat membedakan sih kayaknya masalah pergaulan. Disini kita ga boleh berkomentar banyak tentang orang lain, jadi kalau mau berteman ya berteman aja. Misalnya (ini misalnya ya hehe) teman saya ada yang gay, ya saya harus terima dia apa adanya meskipun saya ga setuju dengan adanya mahluk seperti itu hehehe. Jadi intinya pintar – pintar bergaul karena kalau ga dapat teman juga pasti saya kesepian.





Mungkin ini klise banget sih, tapi seru untuk ditanya, kenapa memilih kuliah di NZ?

Kenapa milih kuliah di NZ? Banyak banget nih yang nanya pertanyaan ini. Sebenarnya, dulu saya lebih tertarik kuliah ke Eropa sih tetapi takdir yang membawa saya kuliah ke New Zealand hehe. Jadi, tahun 2016 itu saya lagi jadi scholarship hunter, terus ngeliat beasiswa NZAS ( New Zealand ASEAN Scholar Awards) dan saya daftar.

Dari Situ saya mulai mencari informasi tentang New Zealand dan melihat bahwa kualitas pendidikan di New Zealand itu sangat baik. Hampir semua universitasnya masuk kedalam Top 500 best university in the world.

Akhirnya, Puji Tuhan saya lulus sampai tahap akhir dan menjadi Penerima Beasiswa NZAS dan sekarang sedang melajutkan pendidikan di University of Waikato. Alasan lain, kenapa saya memilih New Zealand adalah karena alamnya yang begitu indah kayak paradise gitu sehingga cocok banget sama orang yang punya hobby travelling ke tempat- tempat indah seperti saya.


Btw, Hamilton itu kaya apa sih? Katanya rame kaya Auckland yaa?

Hahahahaha Hamilton Jauh lebih sepi dari Auckland, Wong penduduknya Cuma 160 ribuan. Hamilton itu enak buat belajar karena ga terlalu banyak tempat nongkrong dan shopping centre, jadi student disini pada fokus belajar aja. Rata–rata toko pada tutup jam 6 sore dan jam 9 malam udah jarang orang yang berkeliaran di jalan. Menurut saya juga Hamilton itu kota yang romantis karena banyak pasangan2 yang jalan bergandengan tangan kalau sore hari yang membuat si jomblo pada baper dan Cuma bisa menangis hahaha. Oh ya, kalau musim semi di Hamilton juga bagus banget bunga sakuranya, ga kalah sama di drama2 korea. Settiap tahunnya ada pameran di musim semi yang terkenal namanya Waikato Cherry Blossom.





Ceweknya cantik-cantik gak bang ?

hahaahha saya suka banget pertanyaan ini. Jujur cewek–cewek disini cantik–cantik banget dan berasal dari mancanegara. Ada cewek, Jepang, Korea, Cina, Meksiko, Brasil, dll. Pokoknya yang masih jomblo pasti jadi semangat kalau kuliah kesini hehe.


Kalo ke Hamilton enaknya ke mana yaa bang ?

Wisata di Hamilton Cuma sedikit, yang paling popular ya Hamilton Garden, katanya Garden ini merupakan garden terbesar dan terindah yang ada di New Zealand. Tapi kalau daerah sekitaran Hamilton yang masuk wilayah region Waikato banyak banget tempat wisata. Buat kalian penggemar film Lord of the ring pasti tau rumah hobbit. Nah, Hobbiton movie set itu adanya di Waikato, Cuma sekitar 1 jam nyetir dari Hamilton. Ada juga Waitomo Caves yang bagus banget, kalian bias googling kalau mau tau ada apa di Waitomo caves. Oh ya di wilayah Waikato kalian juga bisa coba olahraga ekstrim SkyDiving di wilayah Taupo yang ga begitu jauh juga dari Hamilton





Bang Raja kalo boleh tau jurusannya itu apa? dan itu yang ngapain yaa bang ?

Jurusan saya environmental science atau kalau di Indonesia biasa dikenal sebagai ilmu lingkungan. Jadi environmental science itu adalah interdisciplinary degree dari biologi, kimia serta Earth and Engineering Sciences. Di University of Waikato saya belajar untuk mengembangkan kemampuan riset termasuk pengumpulan dan analisa data terhadap masalah-masalah lingkungan.


Kalau melihat dengan di Indonesia, apa yang abang harapkan bisa diterapkan dari ilmu abang nantinya saat pulang ke Indonesia?

Riset saya nanti berhubungan dengan tanaman bakau, jadi saya mengharapkan kemampuan saya nanti bias berguna dalam analisa2 masalah lingkungan yang berhubungan dengan tanaman bakau di Indonesia. Selain itu, saya juga berharap ilmu saya bisa berguna dalam upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim di Indonesia karena saya bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika yang merupakan badan yang berkecimpung dalam perubahan iklim.





Bang Raja, kira-kira ada sepatah dua patah yang ingin disampaikan untuk temen-temen di wilayah lain?

Untuk teman2 di wilayah lain, tetap semangat belajarnya ,jangan mau kalah sama student local dan mahasiswa internasional lainnya. Buktikan bahwa student Indonesia itu memiliki kualitas yang tinggi. Promosikan juga wisata Indonesia kepada orang –orang yang kalian kenal di New Zealand.


Dan terkahir, 1 kata untuk nznesia (2 juga boleh deh) ?

Buat nznesia semoga maju terus dan tetap mempublikasikan materi-materi yang bermanfaat bagi masyarakat dan student di Indonesia dan New Zealand.