Inilah Keadaan Perekonomian di Negara New Zealand

Updated: Dec 2, 2019




Jika mendengar tentang New Zealand, apa yang akan Anda tanyakan? Apakah tentang perekonomian negara New Zealand, tentang bentang alamnya, atau tentang pendidikannya? Nah fakta tentang negara cantik satu ini memang menarik, tapi kali ini akan kita bahas khusus tentang perekonomiannya. Termasuk baik tidaknya perekonomian di New Zealand bisa Anda ketahui setelah membaca ulasan di bawah ini.


New Zealand Unggul di Sektor Pertanian, Peternakan, dan Perhutanan


New Zealand memiliki tanah yang subur makmur. Kualitas udaranya juga tergolong bersih dan suhu udara bersahabat. Karena hal tersebutlah pertanian, perhutanan, dan peternakan di Selandia Baru sangat sukses dan bahkan menjadi salah satu faktor tingginya perekonomian negara New Zealand.


Hasil produk yang diperoleh dari sektor peternakan, pertanian, dan perhutanan antara lain yaitu susu perah. Susu sapi perah tersebut diolah hingga menjadi keju dan mentega. Selain susu, Selandia baru juga merupakan penghasil daging, madu, dan telur. Domba juga banyak ditemui sehingga banyak produksi wool.


Sayuran dan buah-buahan yang dihasilkan juga memiliki nilai jual tinggi seperti apel dan kiwi. Untuk sektor perhutan sendiri, produk yang cukup berkonstribusi adalah produk yang berasal dari kayu.


New Zealand Unggul di Sektor Pariwisata


Selain di sektor pertanian dan peternakan, perekonomian negara New Zealand juga bergantung di sektor pariwisata. Hal ini wajar karena seperti yang kita tahu, New Zealand merupakan negara kepulauan dan negara kepulauan itu terkenal dengan keindahan alamnya.


Banyak wisata alam yang bisa dinikmati di New Zealand. Suasananya yang cukup tenang menjadi nilai tambah. Banyak wisatawan yang berkunjung karena hal tersebut. Sektor pariwisata new Zealand ini memberikan konstribusi sebanyak 3.9 persen dari total GDP (Gross Domestic Product) di tahun 2015.


Sektor pariwisata New Zealand juga memperbesar kesempatan kerja penduduk di Selandia Baru. Banyak warga yang direkrut untuk bekerja di bagian pariwisata. Bahkan jumlah wistawan per tahunnya hampir sama dengan jumlah penduduk Selandia Baru.


Film Lord of The Rings dan The Hobbit


Perekonomian negara Selandia Baru juga didapat dari pembuatan film Lord of the Ring dan The Hobbit. Bentang alam yang indah membuat New Zealand dijadikan untuk shooting film tersebut. Hasil yang didapat dari penyewaan tempat untuk shooting film memang tidak seberapa. Namun hasil jangka panjang yang didapat cukup menakjubkan.


Karena film tersebut, banyak orang yang tertarik untuk ke Selandia Baru. Tujuan mereka kebanyakan untuk melihat tempat menarik yang menjadi latar film Lord of the Rings. Nah wisatawan tidak mungkin mengunjungi tempat shooting film, mereka pasti mengunjungi tempat wisata menarik lainnya yang ada di Selandia Baru. Hal ini tentu sangat menguntungkan.


Indeks Kebebasan dan Keterbukaan Ekonomi Mendapatkan Peringkat Atas


New Zealand ternyata juga menduduki peringkat atas dalam hal indeks kebebasan dan keterbukaan ekonomi (peringkat tiga dunia tahun 2016). Kriteria penilaiannya berdasarkan pada pasar persaingan terbuka, aturan perdagangan, dan efisiensi dalam regulasi.


Kualitas Hidup dan Kesehatan Masyarakat Relatif Tinggi


Kualitas hidup dan kesehatan rata-rata masyarakat new zealand tergolong tinggi. Hal ini menjadi bukti bahwa, kehidupan di new zealand sangat nyaman dan perekonomiannya sangat tinggi sehingga bisa menyejahterakan masyarakat.


Demikian tadi sedikit pembahasan tentang perekonomian negara New Zealand. Apabila Anda masih butuh informasi lebih lengkapnya, Anda bisa mengunjungi situs nznesia.com dan membaca content yang disajikan. Nznesia menyajikan banyak informasi penting tentang kehidupan di New Zealand sehingga bisa Anda jadikan sumber informasi yang mengobati rasa penasaran Anda tentang New Zealand.