Invercargill Menyambut Duta Besar Baru (Re-Blog nznesia magz)

Updated: Dec 3, 2019



PPI Invercargill Menyambut Duta Besar Baru

Tantowi Yahya, Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru, Samoa, dan Kerajaan Tonga, melakukan kunjungan perdananya ke Invercargill pada hari Minggu, 7 Mei 2017. Pada kesempatan tersebut, beliau disambut dengan hangat oleh sekitar 100 orang pelajar dan puluhan keluarga yang tergabung dalam Komunitas Indonesia Invercargill di Southern Institute of Technology (SIT).



Dalam pidatonya, Tantowi menyampaikan bahwa seluruh mahasiswa Indonesia yang belajar di negeri kiwi ini adalah duta besar yang berperan penting bagi Tanah Air. “Selama ini terlalu banyak kesalahpahaman di antara non-WNI di Selandia Baru terhadap negara kita: Indonesia tidak aman, macet, dan tingkat korupsi tinggi, karena itu dibutuhkan peran mahasiswa Indonesia untuk mengubah stigma negative mengenai Indonesia ” ujarnya. Tak lupa, ia juga berpesan kepada para pelajar Indonesia di SIT untuk menjadi pribadi yang diplomatis, percaya diri, dan jujur pada diri sendiri untuk membangun kesan yang positif tentang Indonesia di Selandia Baru. Seiring bertambahnya jumlah pelajar Indonesia yang menempuh pendidikan di SIT, komunitas Indonesia memiliki peran yang penting dalam memperkenalkan Indonesia kepada kota paling selatan di Selandia Baru ini. Tahun 2016 lalu, Komunitas Indonesia Invercargill mengadakan Indonesian Night yang diisi dengan berbagai lagu, tarian, baju daerah, dan makanan khas Indonesia, yang disambut positif oleh pengunjung yang mayoritas bukan berasal dari Indonesia.



Bimo Faturrahman - Ketua PPI Invercargill 2017


Menanggapi pesan Tantowi Yahya, Bimo Faturrahman, ketua PPI Invercargill, mengemukakan bahwa kesempatan bagi para pelajar Indonesia di Invercargill untuk membangun citra yang positif di negeri kiwi terbuka lebar, sehubungan dengan keragaman budaya yang terus berkembang di area tersebut.

Tantangan terbesar sebenarnya adalah untuk menyesuaikan diri dengan cuaca dan bahasa yang 180 derajat berbeda dengan di Indonesia yang beriklim tropis, namun menurutnya tidaklah sulit untuk menyesuaikan diri.






Mahasiswa asal Bandung ini juga menyatakan harapannya kepada Tantowi Yahya selaku duta besar yang baru dilantik dapat mendukung kegiatan mahasiswa Indonesia di Invercargill, salah satunya dengan menghadiri Indonesian Night yang akan kembali digelar tahun ini.



#ppiinvercargill #pelajardiInvercargill #kuliahdiInvercagill #kbriWellington #tantowiyahya #bimofaturrahman #selandiabaru #nznesia