Jarang diketahui, Inilah Manfaat Lain dari Gedebok Pisang




Pohon pisang adalah salah satu jenis tanaman yang sangat mudah kita temui di sekitar kita. Sifatnya yang dapat tumbuh subur dimana pun tanpa memerlukan perawatan yang khusus membuat pohon pisang jarang sekali diperhatikan sehingga tak banyak orang yang tahu bagaimana cara memanfaatkan tanaman ini. Sejatinya, semua bagian dari pohon pisang memiliki manfaat masing-masing termasuk juga bagian batangnya atau yang biasa disebut gedebok.


Gedebok pisang berbentuk lurus tanpa cabang dan termasuk kedalam tanaman yang berkembang biak dengan tunas, ukuran batang pohon pisang juga tidak terlalu besar dan cenderung lunak. Ketika sudah berbuah biasanya batang pohon pisang akan berubah menjadi layu dan tak dapat dimanfaatkan lagi. Oleh karena itu banyak orang yang menebang pohon pisang setelah berbuah dan membuang batangnya begitu saja.


Kandungan Kimia dalam Batang Pohon Pisang

Di dalam batang atau gedebok pisang, terdapat getah yang menyimpan banyak manfaat, salah satunya digunakan di dalam dunia pertanian dan juga medis getah batang pohon pisang mengandung senyawa kimia seperti Saponin, Antrakuinon, dan Kuinon yang berfungsi sebagai penghilang rasa sakit atau sebagai antibiotik. Selain itu terdapat pula kandungan zat kimia yang disebut Lektin yang bisa menstimulasi regenerasi sel kulit dan membunuh bakteri.


Zat lain yang tak kalah bermanfaat yang terkandung di dalam getah batang pohon pisang adalah Tannin, Saponin, dan Flavonoid. Ketiga jenis senyawa kimia tersebut sangat baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh kita. Batang pohon pisang juga kaya akan serat dan kandungan vitamin seperti Vitamin A, B dan C, serta juga kaya akan nitrogen dan kalium.


Manfaat Batang Pisang dalam Dunia Kesehatan

Karena terdiri dari kandungan yang kaya akan bermacam jenis zat kimia, gedebok pisang memiliki segudang manfaat dalam dunia kesehatan dan juga untuk kebaikan tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari batang pohon pisang untuk kesehatan tubuh kita dan mengobati berbagai macam penyakit diantaranya adalah sebagai berikut ini :