Jarang diketahui, Inilah Manfaat Lain dari Gedebok Pisang

Updated: Dec 2, 2019




Pohon pisang adalah salah satu jenis tanaman yang sangat mudah kita temui di sekitar kita. Sifatnya yang dapat tumbuh subur dimana pun tanpa memerlukan perawatan yang khusus membuat pohon pisang jarang sekali diperhatikan sehingga tak banyak orang yang tahu bagaimana cara memanfaatkan tanaman ini. Sejatinya, semua bagian dari pohon pisang memiliki manfaat masing-masing termasuk juga bagian batangnya atau yang biasa disebut gedebok.


Gedebok pisang berbentuk lurus tanpa cabang dan termasuk kedalam tanaman yang berkembang biak dengan tunas, ukuran batang pohon pisang juga tidak terlalu besar dan cenderung lunak. Ketika sudah berbuah biasanya batang pohon pisang akan berubah menjadi layu dan tak dapat dimanfaatkan lagi. Oleh karena itu banyak orang yang menebang pohon pisang setelah berbuah dan membuang batangnya begitu saja.


Kandungan Kimia dalam Batang Pohon Pisang

Di dalam batang atau gedebok pisang, terdapat getah yang menyimpan banyak manfaat, salah satunya digunakan di dalam dunia pertanian dan juga medis getah batang pohon pisang mengandung senyawa kimia seperti Saponin, Antrakuinon, dan Kuinon yang berfungsi sebagai penghilang rasa sakit atau sebagai antibiotik. Selain itu terdapat pula kandungan zat kimia yang disebut Lektin yang bisa menstimulasi regenerasi sel kulit dan membunuh bakteri.


Zat lain yang tak kalah bermanfaat yang terkandung di dalam getah batang pohon pisang adalah Tannin, Saponin, dan Flavonoid. Ketiga jenis senyawa kimia tersebut sangat baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh kita. Batang pohon pisang juga kaya akan serat dan kandungan vitamin seperti Vitamin A, B dan C, serta juga kaya akan nitrogen dan kalium.


Manfaat Batang Pisang dalam Dunia Kesehatan

Karena terdiri dari kandungan yang kaya akan bermacam jenis zat kimia, gedebok pisang memiliki segudang manfaat dalam dunia kesehatan dan juga untuk kebaikan tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari batang pohon pisang untuk kesehatan tubuh kita dan mengobati berbagai macam penyakit diantaranya adalah sebagai berikut ini :


1. Sembelit

Kandungan serat yang tinggi di dalam batang pohon pisang sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan di dalam tubuh sehingga membuat BAB menjadi lancar pula.


2. Diabetes

Diabetes adalah penyakit genetik yang paling banyak diidap oleh kebanyakan orang pada saat ini. batang pohon pisang dapat menjaga keseimbangan gula darah didalam tubuh karena kandungan zat indeks glikemiknya yang rendah.


3. Infeksi Saluran Kemih / Batu Ginjal

Kandungan dierutik di dalam batang pohon pisang bersifat dapat meluruhkan kalsium yang mengendap di dalam ginjal atau yang dikenal dengan batu ginjal. Selain itu kandungan antibiotiknya juga dapat menyembuhkan penyakit infeksi saluran kemih.


Manfaat Batang Pohon Pisang Untuk Pertanian dan peternakan

Selain bermanfaat dalam dunia medis dan kesehatan, batang pohon pisang juga bermanfaat dalam dunia pertanian dan peternakan. Dalam dunia pertanian, batang pohon pisang dapat difermentasi menjadi pupuk organik cair yang bermanfaat untuk merawat kesuburan tanaman. Pupuk cair organik yang dibuat dari campuran batang pohon pisang, rebung, gula pasir dan air bisa menjadi alternatif pengganti pupuk urea yang selama ini banyak digunakan oleh para petani.


Sedangkan dalam dunia peternakan, gedebok pisang biasanya difermentasi untuk dijadikan makanan hewan ternak. Karena nilai nutrisi serta vitamin lengkap yang terkandung dalam batang pohon pisang maka dapat membantu pertumbuhan hewan ternak menjadi lebih gemuk dan juga sehat. Gizi yang terkandung dalam batang pohon pisang juga dapat mempercepat pertumbuhan hewan ternak sehingga dapat meningkatkan produksi peternakan.


Itulah beberapa informasi mengenai manfaat lain dari batang atau gedebok pisang yang mungkin masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Setelah membaca artikel ini, barangkali ada sebagian dari Anda yang tertarik untuk mulai memanfaatkan batang pohon pisang agar memiliki nilai ekonomis serta dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.