Makin Mendunia, Bir Bintang Akan Terbang Ke Negeri Paman Sam

Updated: Dec 2, 2019




Siapa yang tak kenal dengan “ Bir Bintang “ minuman beralkohol yang paling tersohor di Indonesia. Bir Bintang merupakan merek minuman jenis beralkohol yang diproduksi oleh Multi Bintang Indonesia. Selain karena merupakan pelopor minuman beralkohol di Indonesia, rasa yang terbilang nikmat dan berbeda dengan produk sejenis lainnya menjadi faktor yang menyebabkan minuman ini menjadi terkenal dan digemari oleh orang dewasa di Negara kita.


Tak seperti kebanyakan bir yang ada di luar negeri, bir bintang ini tergolong jenis bir pilsener yang memiliki aroma malt dan hop dengan kadar alkohol tak lebih dari 5%. Saat ini bir bintang dapat dengan mudah kita temui di berbagai supermarket di sekitar kita.

Meskipun keberadaan minuman beralkohol di Indonesia masih menuai pro dan kontra, namun nyatanya Bir Bintang masih bertahan di pasar Indonesia.


Disukai Oleh Para Turis Yang Berkunjung Ke Indonesia

Budaya mengonsumsi minuman beralkohol memang bukanlah budaya asli Indonesia. Kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol ini berawal dari jaman penjajahan bangsa Belanda di Indonesia yang terbawa hingga kini dan membaur menjadi bagian gaya hidup anak muda serta orang dewasa masa kini. Saat ini sering kita jumpai banyak orang dewasa mengonsumsi Bir Bintang dalam keseharian mereka.


Selain menjadi favorit di kalangan pribumi, Bir Bintang ternyata juga menjadi kegemaran para turis atau wisatawan asing yang sedang berlibur di Indonesia, terutama para peselancar yang sedang beraksi di Indonesia. Para wisatawan menyukai rasa Bir Bintang yang tergolong ringan kadar alkoholnya sehingga tidak begitu memabukkan seperti bir pada umumnya. Iklim Indonesia yang tropis juga membuat para wisatawan gemar meminum Bir Bintang dalam keadaan dingin.


Bir Bintang Mulai Merambah Pasar Amerika

Produsen Bir Bintang, PT Multi Bintang Indonesia Tbk terus berusaha untuk melebarkan sayapnya dengan mengincar pasar ekspor luar negeri, terutama Negara Amerika Serikat. Ekspor Bir Bintang ke Negara Amerika dirasa akan sangat menguntungkan karena adanya permintaan yang tinggi dari kalangan peselancar Amerika yang sebelumnya pernah mencoba Bir Bintang saat mereka sedang berada di Indonesia.


Presiden Direktur produsen Bir Bintang mengatakan bahwa kebanyakan dari para wisatawan asing tersebut menganggap bahwa Bir Bintang sebagai Pilihan bir saat di Indonesia dan mereka akan lebih senang jika bisa menemukan Bir Bintang saat mereka kembali ke negara asal mereka. Karena itulah akhirnya direksi memutuskan untuk mencoba merambah pasar ekspor Amerika khususnya di kota California dan Hawai.


Selain karena permintaan penduduk Negeri Paman Sam yang sangat antusias akan keberadaan Bir Bintang di Amerika, makin meningkatnya jumlah restoran Asia Tenggara di Amerika Serikat juga menjadi faktor lain yang membuat PT Multi Bintang Indonesia pada akhirnya mengekspansi pasar asing. Hal ini karena para konsumen yang berkunjung ke restoran Asia tersebut menginginkan pengalaman khas ala Asia Tenggara dan juga mencari produk asli buatan Asia Tenggara.


Akan Dipasarkan di Restoran dan Supermarket Premium di Negara Amerika Serikat

Selain telah menetapkan Amerika Serikat sebagai negara yang akan diekspansi, menurut direksi PT Multi Bintang Indonesia Bir Bintang akan mulai dipasarkan dalam waktu dekat, dan nantinya akan tersedia di sejumlah restoran premium khas Asia Tenggara, dan juga akan tersedia di jaringan supermarket premium ataupun toko khusus minuman beralkohol. Sementara untuk kemasan yang tersedia akan dijual dalam bentuk kemasan kaleng karena lebih praktis dan ramah lingkungan.


Dengan meluasnya area pemasaran Bir Bintang yang telah merambah pasar ekspor luar negeri, Direktur PT Multi Bintang Indonesia berharap agar keuntungan yang didapat akan semakin meningkat sehingga Saham milik PT Multi Bintang Indonesia ikut meningkat pula dan menarik investor baru.


Mungkin tidak ya, mereka ekspansi ke Selandia Baru? Patut ditunggu.