Pengalaman transit di Changi Airport, Singapura: Dahsyat! Tertib banget!




Gw curiga oknum ibu-ibu yang suka nyelak di antrian akan bisa tertib di sini.

Tapi aneh juga yaa, kalo di sini bisa tertib, tapi di negara sendiri gak bisa.


Awalnya gw ragu untuk transit di Singapura, apalagi untuk kurang lebih 17 jam.

Iya 17 jam udah kaya seharian di airport.


Tapi ternyata tidak seburuk itu, gw coba share dari awal gw mendarat.


Saat mendarat dan keluar dari pesawat, dibagi dalam 2 baris. 1 baris adalah untuk penerbangan ke London (saat itu) dan baris 1 lagi untuk penerbangan lainnya, yang nantinya dibawa ke Transit Hub. Tempat di mana semua penumpang yang transit dikumpulkan dan menunggu untuk penerbangannya masing-masing.



Begitu sampai di transit hub, ada buanyak banget kursi dan kursi panjang kaya di pantai, tapi sofa. Dan sofa tentunya. Waktu gw di sana sih cukup sepi yaa, jadi gak bakal rebutan juga.

Ada area main anak, ada area ibu menyusui, ada arcade game, dan ada FOOD VENDING MACHINE. Sebenarnya namanya apa sih? tapi gw sebut Food Vending Machine (FVM) aja yaa. Box, kita masukin duit, terus makanan keluar. Gitulah.


Food Vending Machine

Food Vending Machine ini yang sangat krusial untuk gw saat itu, secara bakal nunggu 17 jam. Gak makan bisa tipus. Masa iya makan udara kaya Tillandsia. Gw sampe kontak CS-nya Changi buat menanyakan ini, terutama mengenai cara pembayarannya. Apakah bisa menggunakan CASH? atau credit card? atau gimana?


Ternyata caranya adalah, selain dengan credit card, bisa juga menggunakan debit, tapi yang paywave. Jadi gak sentuh gitu lho. Dan untungnya gw punya dari ANZ, New Zealand. (untung banget belum gw tutup). Ada cara lainnya yaitu menggunakan apple pay/samsung pay. Jadi kan kaya paywave yaa. Berbahagialah kalau HPnya bisa gitu.


Dan setahu gw, Samsung Pay di Indonesia kan kerja sama dengan DANA. nah waktu itu, gw coba bikin akun DANA. Buat connect ke Samsung Pay. Yang ternyata....GAK BISA :(


Jadi buat temen-temen, saudara-saudara, ibu-ibu, bapak-bapak semua yang ada di sini. Kalau mau transit di Changi, Singapura. Jangan ragu. InsyaAllah aman. Walau (mumpung inget) gak ada mushola khusus untuk sholat di Transit Hub. Tapi bisalah cari pojokan buat sholat ataupun sholat sambil duduk. Gw lihat beberapa orang sholat sambil duduk.


Dan buat long transit. Pastikan uang elektronik. Untuk beli makan.


Sekian. Kurang lebihnya mohon maaf.



Suasana Ngantri Keluar pesawat


Pengalaman Food Vending Machine



Letak Transit Hub. Ada Alat Pembersih Karpet. Area Main Anak. Arcade Game.

Dan Sanitzer di tempat-tempat strategis