SATIR - tak sekedar hitam putih - 1st NZMAGZ in 2019

Updated: Dec 3, 2019

'Sejenakku terhentak saatku Dengar kau dengannya Dari sekian banyak pilihan Mengapa kau pilih dengannya Kau tak punya selera Kau penghianat jiwa' - Satir Sarkas, Pee Wee Gaskins

Akhir-akhir ini saya lagi suka mendengarkan lagu dari Pee Wee Gaskins yang berjudul 'Satir Sarkas', yang mungkin kebetulan akhir-akhir ini saya melihat beberapa orang di sekitar saya yang 'unik'. Unik karena terkadang saya mengira orang ini baik, tapi...

(selalu ada tapi) tapi seperti berdiri di dua kaki di dua pihak dan cenderung melihat mana posisi yang menguntungkan dirinya.


Kalau ada jalan-jalan gratis, dia ikut...

Kalau ada yg pulang naik mobil, dia ikut... (padahal datang naik bus)

Kalau ada orang-orang besar/penting, tiba-tiba dia langsung (sok) eksis...


Tipe orang seperti ini sepertinya tidak cuma satu di Auckland (atau bahkan di NZ).

Oportunis mencari keuntungan untuk dirinya sendiri, sedangkan untuk memberi/membantu komunitas hitung-hitungan

(selama nguntungin dirinya sih mungkin tak apa hihihi).


Nah, di saat saya concern akan fenomena itu, saya melihat sebuah karya seni dari pelajar di Invercargill. Ini nih penampakannya:

Delia Fabri - Sinis

Gila yaa kan, ekspressi emosinya dari wanita di gambar itu, benar-benar mewakili emosi saya melihat orang-orang oportunis menyebalkan.

Kaya 'Apaan Sih LOO???', 'kemana aja lu anjirr', 'dih, tumben banget nongol'.


Dan, terlepas dari emosi saya yang terwakilkan, karya seni dari mba Fabri berarti

TELAH BERHASIL MENYAMPAIKAN PESAN DARI SEBUAH GAMBAR !!!

Dan itu tidak mudah lho, saya lihat foto Chelsea Islan senyum, saya gak ikut senyum tuh, apa lagi kalo dia sama pacarnya, malah sebel guwe. (ya iyalah).


Singkat kata, tim nznesia mendapat kehormatan untuk ngobrol bersama mba Fabri, sangat inspiratif, dan inilah obrolannya:





majalah NZNESIA Februari 2019 - Invercargill - Fabri



Nama Lengkap : Fabriani Ardelia Putri

Asal Daerah + Sekolah Sebelum di NZ : Batam, Mondial School

Sekolah / Jurusan : Southern Institute of Technology, Diploma in Animation



Hi Delia apa kabar?

Alhamdulillah baik


Sebentar, sebenernya mba Delia lebih suka dipanggil apa ? Delia/Fabri/Putri/ Isyana mungkin hehehe?

Panggil Fabri aja. Delia dipake buat di social media aja sih hehe…


Baiklah


Boleh certain gak kenapa memilih Invercargill?

Karna setelah dibandingin dengan kota lain, tuition fees ama living cost nya lebih murah. Alasannya mainstream ya, tapi memang bener :D


Lingkungan di sana bagaimana sih (sekolah / sehari-hari) ?

Cocok banget buat para pendatang yang tujuannya untuk belajar, karna disini kota kecil, hiburan juga gk bnyk banget, jd gk ada distraction. Jadi, siap-siap aja jadi anak rumahan di sini.

Ooo begitu.


Oh yaa kalau mencari makanan halal, susah gak sih di Invercargill? Kalau sulit, bagaimana yaa menghadapinya?

Gak susah kok.. di sini yang halal makanan Turkey ama Curry India. Jaraknya juga deket kok. Tapi aku lebih sering masak sih karna hemat hehe..


Pernah Home Sick ? dan bagaimana mengatasinya ?

Kalau homesick, biasa vidcall ortu, aku deket banget sama keluargaku. Bisa diblg anak mami haha.. tpi klu homesick, vidcall mereka, ngobrol sampe lama banget..


Kalau mereka nya sibuk, aku coba ngerjain tugas aja, menyibukkan diri sendiri biar gak kepikiran keluarga.. tapi punya teman yg deket, yang sudh seperti saudara juga membantu banget..

Delia Fabri - Pelajar di Invercargill - lingkungan dan teman

personally aku gak papa gak punya teman banyak-banyak, yang penting punya teman satu yang udah kayak saudara sendiri itu udh cukup banget.

Mba Delia kan, mengambil jurusan… itu apa ya?

Animasi (in a nutshell) itu belajar cara buat film kartun, belajar prosesnya dri pre-production sampai post-production. Belajar 2D Animasi, 3D Animasi, Stop-motion, Visual Effects dan Game Design.


Memang tertarik dengan bidang itukah atau memang hobi dari kecil?

Dari kecil memang tertarik di bidang seni, cuman baru kenal ama animasi pas SMP. Setelah kepoin di internet, ternyata bidangnya keren juga. Dan memang hobinya menggambar sih, jadi pas banget.

beberapa artwork dari Delia Fabri


Kalau dari komik/film, ada yang mba Delia sangat favoritkan?

Lebih sering baca komik pas SD-SMP sih, dulu koleksi komik Naruto hehe... Kalau film animasi, paling favorit sih film2 dari Pixar. Tapi aku suka nntn film/series yang genre nya psychological thriller ama mystery juga. Jadi, list film favoritku banyak deh haha..


Tokoh DC/Marvel favorit?dan kenapa? Kalau saya sih black widow karena factor Scarlett ahaay. (eh gak ada yg nanya yaaa.)

Aduuh susah banget nih pertanyaannya.. Klu aku sih Spiderman, karna factor Tom Holland haha.. Kalau pemeran cewek, Scarlett Witch sih keren bangeet.. Oh ama Deadpool dan Star Lord, mereka kocak banget.


Sama ini nih, pertanyaan hasil merenung selama sebulan. Mba Delia kan punya blog yaa, yg isinya karya-karya mba Delia. Itu Keren Keren Lhoo. Boleh certain gak tentang blognya? Kaya kenapa buat blog itu? Lalu apa yang menginspirasi karya-karyanya?


Makasih banyak yaa, aku terharu haha.. tapi masih butuh bnyak latihan sih.. Aku share artwork ku di Instagram (https://www.instagram.com/deliafabri.art/) dan di website (https://deliafabri13.wixsite.com/fabrianiputri ) sekalian promosi yaa hehe.. Kalau di Instagram aku share karya-karya yang random sih, rata-rata itu dibuat karna bosen atau gak, ngikutin challenge di Instagram.


Kalau website, itu rata-rata hasil projek dari Year 1. Kita memang disuruh buat website untuk online portfolio. Kalau Instagram itu memang keinginanku sendiri sih, karena rata-rata aku liat animation/art students dari negara lain pada buat account khusus untuk share artwork mereka. Dan exposure itu sangat penting buat art students haha..


Untuk ink portraits yang aku sering upload akhir-akhir ini, itu inspirasinya dari artist di Singapore namanya Justine Acerden. Silahkan kepoin instagramnya deh keren abis (https://www.instagram.com/pxshbxl/).

Dia aslinya interior designer cuman suka share ink portraits. Aku suka ama style nya, dan artwork ku sempet dicomment sama dia, jadi tambah semangat deh ngegambar haha..

Kalau untuk projek-projek yang di website, beberapa ngambil inspirasi dari personal experience, karna lebih semangat kalau kerjain tugas yang personally attached to you.


Mba Delia ada yg mau disampaikan mungkin buat teman-teman di kota lain?

Teruslah sabar dan semangat ngadapin rintangan-rintangan sebagai perantau di negri orang .


Dan untuk yang mau kuliah di NZ, ada pesan-pesan?

Research lebih baik tentang kota yang bakal kamu tempati ama univ nya, biar gak kaget pas datang ke sini.



Delia Fabri - Pelajar di Invercargill

Dan terakhir,


1 kata untuk nznesia?

Sukses slalu! (eh gpp ya dua kata :D)

:D