Selandia Baru Ada di Benua Mana? Bagaimana Kehidupan Masyarakatnya?

Updated: Apr 28

admin - SA




Ternyata masih banyak yang belum mengetahui Selandia Baru ada di benua mana. Banyak juga yang beranggapan bahwa, Selandia Baru atau New Zealand ini termasuk bagian dari Australia. Lalu apakah pernyataan tersebut benar? Nah agar tidak penasaran, baca penjelasan lebih lanjut berikut ini.


Selandia Baru Ada di Benua Australia dan Wilayah Oceania

Banyak informasi rancu tentang pembagian benua. Ada yang berkata bahwa wilayah oceania itu termasuk benua Australia, ada pula yang berkata bahwa Oceania itu dikategorikan benua sendiri, dimana Australia termasuk di dalamnya.


Karena banyaknya informasi yang membingungkan, kita ambil intinya saja bahwa New Zealand atau Selandia Baru ada di benua Australia dan wilayah Oceania. Namun ada yang perlu Anda perhatikan yaitu Selandia Baru bukan termasuk negara Australia.

Selandia Baru merupakan negara yang telepas dari Australia. Masuknya memang benua Australia tapi tidak masuk negara Australia. Selandia Baru terletak di tenggara Australia. Negara yang beribukota di Wallington ini terdiri dari dua pulau, yaitu pulau utara dan pulau selatan.


Luas wilayah Selandia baru sekitar 268 ribuan kilometer persegi dengan jumlah penduduk 4,79 juta jiwa pada tahun 2017. Termasuk kawasan yang tidak padat penduduk bukan? Jumlah penduduknya saja tidak ada setengah dari penduduk Jakarta. Lalu bagaimana kehidupan penduduk di Selandia Baru?


Penduduk Selandia Baru

Selandia Baru ada di benua Australia dan kawasan Oceania ini memiliki penduduk yang ramah dan rendah hati. Penduduk New Zealand kebanyakan keturunan Eropa. Selain keturunan Eropa ada pula yang merupakan suku asli Maori, orang Asia, dan orang kepulauan Pasifik.

Tiga perempat dari jumlah penduduk Selandia Baru hidup di Pulau Utara atau North Island. Sebagian besar penduduk tinggal di kota besar seperti Auckland, Wellington, Hamilton, dan Christchurch. Anda bisa bayangkan betapa sepinya kota lain di New Zealand.


Penduduk New Zealand memiliki julukan kiwi. Julukan ini didapat bukan karena banyaknya buah kiwi di New Zealand, tapi karena burung kiwi yang merupakan burung khas Selandia Baru. Julukan ini mulai dikenal saat perang dunia I dan mulai tersebar di dunia saat perang dunia II. Burung kiwi juga dijadikan simbol Selandia Baru.

Kehidupan Masyarakat Selandia Baru


Salah satu penghuni pertama Selandia Baru yaitu suku Maori merupakan penjelajah yang telah menyeberangi ribuan kilometer Samudra Pasifik. Karena hal tersebutlah, kebudayaan suku Maori menjadi identitas nasional di New Zealand.


Masyarakat Selandia baru juga dikenal sebagai perintis yang gagah berani. Sebagian penduduk yang bekerja dalam bidang eksekutif bisnis, pembuat film, pembuat perangkat lunak, olahragawan, dan perancang busana, terkenal di dunia internasional.

Masyarakat Selandia Baru juga merupakan penggemar kegiatan alam terbuka. Bentang alam yang luar biasa di Selandia Baru membuat mereka semakin mencintai kegiatan tersebut. Camping, lintas alam, memancing, berjalan menembus semak, dan kegiatan alam lainnya menjadi kegiatan yang banyak digemari masyarakat.


Kehidupan masyarakat kota dan desa di New Zealand berjalan sebagaimana mestinya. Masyarakat kota lebih ke dunia bisnis kekinian sedangkan masyarakat desa mengembangkan ciri khas New Zealand sebagai penghasil susu, peternak domba, dan kegiatan desa lainnya.


Apakah Anda tertarik dengan New Zealand? Jika tertarik dan ingin membaca informasi lain terkait kehidupan masyarakat New Zealand, bentang alamnya, dan ciri khas lainnya, Anda bisa mengunjungi situs nznesia.com. Nznesia merupakan majalah berbahasa Indonesia yang dibuat khusus membahas tentang masyarakat Indonesia di Selandia Baru. Jadi Anda bisa menemukan banyak informasi penting di dalamnya.


#kehidupandiSelandiaBaru #nznesia

10,389 views