(semua sayang) TOLERANSI DI NZ: Apakah Masyarakat Selandia Baru Merupakan Masyarakat yang Toleran?



Apakah masyarakat Selandia Baru merupakan masyarakat yang toleran?


Menurut data 4.3% atau sekitar 143.000 warga Selandia Baru merasa mereka pernah didiskriminasi, baik saat bekerja atau saat mencari kerja. Dan 4% koresponden merasa pernah didiskriminasi di jalan atau tempat umum.

*berdasarkan laporan http://archive.stats.govt.nz/browse_for_stats/people_and_communities/asian-peoples/racial-discrimination-in-nz.aspx .



lah kok data 2012?

Kalem, belum selese artikelnya.


Menurut data yang kami temukan di 2019, tepatnya April 2019 yang terbit di https://www.stuff.co.nz/national/christchurch-shooting/111923853/what-data-says-about-discrimination-and-tolerance-in-new-zealand . Secara general 83.1% merasa tidak ada diskriminasi di tahun-tahun sebelumnya.


Untuk NZ-Born, 83.5% melaporkan tidak pernah didiskriminasi.

Long-Term Migrants 83.7%. Dan 74.3% imigran yang baru datang melaporkan tidak pernah merasa didiskriminasi. (jadi -+ 25% merasa didiskriminasi???)


Dari segi etnis, NZ-Europeans 85.4% melaporkan tidak ada diskriminasi

Pacific 80.1%. Maori 74.4%, dan Asian-New Zealanders melaporkan 73.4% merasa tidak ada diskriminasi. (bentar-bentar jadi -+ 25% merasa didiskriminasi???)


Tingkat kemarahan / netral / tidak marah

Ada data menarik lainnya yaitu 'tingkat kemarahan' yang dilakukan oleh the New Zealand Attitudes and Values Study. Di mana masyrakat menilai dari 1 ke 7, 1 itu tidak marah (no anger). 4 Netral (neutral), dan 7 adalah marah (anger, gak pake dimas dan G nya 1).

Tes dilakukan terhadap beberapa etnis di Selandia Baru. Muslim adalah salah satunya.

Dan keluarlah data sebagai berikut:

91.3% non-pacific people melaporkan bahwa mereka 'tidak marah' dan 'neutral' terhadap Pacific People.

Terhadap Asia 90.3%, NZ European 87.3%, Maori 86%. Dan untuk muslim sendiri adalah 81.9%. 81.9% orang merasa tidak marah atau netral terhadap muslim. (-+ 18% lainnya gimana yaa?).


Bagaimana jika diskriminasi terjadi terhadapmu!?

Nah ini kami juga baru tahu sih, ternyata kita bisa melaporkan ke https://www.newzealandnow.govt.nz/living-in-nz/safety/your-rights

Apapun yang terjadi, kalo bisa, jangan memberi ruang terhadap oknum-oknum yang intoleran. Karena ternyata NZ sendiri sangat tegas dengan orang-orang seperti itu.


Apa yang bisa kita pelajari dari sini?

Selandia Baru tidak 100% orang-orangnya toleran. Tapi secara general (menurut pendapat pribadi penulis) ada banyak hal-hal yang penuh toleransi di sini dan bisa kita pelajari+kita terapkan di INDONESIA (nanti ada lagi di artikel lainnya). Bahkan kadang sampai bingung sendiri karena ada orang-orang lokal yang BAIK BANGET + TOLERAN BANGET itu ada. Yang akhirnya memotivasi kami untuk menjadi seperti orang-orang toleran itu (minimal niat+nyoba lah yaa, insyaallah bermanfaat)


Dan sebagai penutup, Selandia Baru tidak 100% toleran, tapi kayaknya cukup Ok lah yaa buat masak BACON-WRAPPED DATES.


resepnya

https://www.realfoods.co.nz/devils-on-horseback/

atau ini alternatif lain

https://www.youtube.com/watch?v=H1_55LC13GY



kbri wellington button.PNG
BARBYS logo.jpg
its java logo.jpg
restaurant Indonesia di Napier.png
Agam Jaya - NZ Channel.jpg
logo ppi Auckland.png
hendri in kiwi land.jpg