Tips Kuliah di New Zealand Murah

Updated: Dec 2, 2019




Kuliah di New Zaeland murah? Bisakah? Bisa dong, karena tidak ada yang tidak mungkin. Jika Anda memang berniat, maka akan ada banyak jalan keluar untuk masalah dana. Sebagian warga Indonesia yang kuliah di New Zealand pernah merasakannya dan mengetahui pula jalan keluarnya. Nah, berikut beberapa tips dari mereka yang telah berpengalaman yang bisa Anda coba.


Tips Kuliah di New Zealand Murah dengan Beasiswa

Tips yang pertama yaitu dengan mencari beasiswa. Banyak program beasiswa yang bisa Anda coba. Beasiswa bisa dari pemerintah Indonesia, bisa pula dari pemerintah New Zealand. Anda harus aktif mencari informasinya. Beasiswa yang disediakan pun bermacam-macam seperti beasiswa S2, S3, biaya untuk pasangan, dan lain sebagainya


Untuk mendapatkan beasiswa tersebut tentu ada syaratnya. Syarat setiap beasiswa berbeda-beda, yang pasti syarat utamanya adalah mampu berbahasa inggris. Di New Zealand biasanya menggunakan IELTS dengan skor minimum 6.0, semakin tinggi pendidikan skor minimal bertambah. Namun sepertinya diperbolehkan juga menggunakan TOEFL iBT dengan skor minimal 80 atau 90, tergantung program studi.


Persaingan untuk mendapatkan beasiswa memang ketat, tapi jika Anda memang berniat kuliah di New Zealand murah, hal tersebut tentu tidak menjadi hambatan. Anda harus berusaha sebaik mungkin untuk mendapatkan beasiswa yang dimaksud. Namun jika memang belum rezeki Anda dan Anda tetap ingin kuliah di New Zealand, Anda bisa kuliah sambil bekerja.


Tips Kuliah di New Zealand Murah dengan Bekerja Part Time

Banyak mahasiswa internasional yang melakukan hal ini, yaitu kuliah sambil bekerja. Nah pemerinta New Zealand mengijinkan warga dengan visa pelajar bekerja maksimal 20 jam per minggunya. Anda bisa memanfaatkan hal tersebut.


Kehidupan di New Zealand memang tergolong mahal jika dibandingkan di Indonesia tapi lebih murah dibanding di Eropa. Gaji yang didapat pun sebanding dengan kehidupannya yaitu sekitar 16 dollar New Zealand per jamnya. Satu dollar New Zealand atau NZD 1 sama dengan 10.000an rupiah. Jika seminggu bekerja selama 20 jam, maka Anda bisa hitung sendiri berapa gaji yang bisa didapat.


Mengandalkan kerja part time memang tidak cukup, Anda tetap harus memiliki biaya sendiri. Kuliah di new zealand murah memang perlu kerja keras dan ketekunan. Kalau bisa jangan hidup mewah agar semua bisa tercukupi. Akan lebih baik lagi jika Anda mendapatkan beasiswa agar biaya kehidupan bisa terbantu.


Beasiswa yang banyak diminati adalah beasiswa full. Beasiswa full yang dimaksud adalah beasiswa untuk biaya pendidikan dan beasiswa untuk biaya hidup. Namun kadang beasiswa yang full ini tidak memperbolehkan mahasiswa bekerja paruh waktu. Jadi semua tetap terserah diri Anda ingin memilih yang mana.


Demikian tadi sedikit ulasan tentang tips kuliah di New Zealand murah. Apabila Anda ingin mendapatkan tips lainnya, Anda bisa mengunjungi situs nznesia.com dan menjelajahi isinya. Nznesia merupakan majalah yang khusus membahas tentang kehidupan masyarakat Indonesia di New Zealand serta hal-hal menarik tentang New Zealand. Anda bisa membacanya untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang New Zealand.