Widi : PPI Auckland yang Guyub !

Updated: Dec 3, 2019


Pengantar

Setelah biasanya interview tokoh dituangkan dalam bentuk majalah (image). Kali ini nznesia mencoba untuk menuangkannya dalam bentuk blog. Kenapa ?

Kedepannya nznesia mencoba untuk mengajak/menginspirasi teman-teman lain untuk mau dan berani menuangkan ide atau gagasan dalam bentuk tulisan. Banyak salah atau kekurangan tidak apa, dibandingan cuma nyinyir. Kaya kamu.


Dan untuk nznesia-blog yang perdana, tokoh yang diangkat adalah mas Widi. Ketua PPI Auckland tahun 2018-2019. Bagaimana motivasinya dalam menjadi ketua? Latar belakang pendidikan dan karirnya?. Bisa kamu baca di bawah ini. Selamat menikmati.


monggo dibaca-baca dulu.





Widiyanto Kurniawan


Asal Daerah di Indonesia?

- Saya asli Surabaya. Namun karena pekerjaan saya sebagai Jakarta, sudah 6 tahun saya berdomisili di Depok

Pendidikan Sekarang?

- Background S1 saya adalah Farmasi. Karena pekerjaan saya membutuhkan upgrade knowledge di bidang kimia, saya putuskan untuk menempuh pendidikan Master of Science in Chemistry di the University of Auckland selama 2 tahun, yang saat ini sudah separuh jalan.


Gimana nih rasanya jadi ketua ppiAKL?

- Kaget juga karena tidak mengira mendapat kepercayaan teman-teman untuk satu periode ke depan. Semoga saya bisa mewujudkan harapan mereka.


Apa yang akan mas Widi bawa diperiode mas Widi ?

- Saya dan kawan-kawan akan menitik beratkan untuk membawa sesuatu yang sederhana yaitu rasa kekeluargaan, kekompakan, dan kebersamaan selama 1 periode ke depannya. Bukan kami sama sekali tidak membawa terobosan yang inovatif bagi organisasi ini, tapi saat ini kami ingin membangun fondasi kekeluargaan yang akan berguna untuk periode ini maupun periode selanjutnya.

Kekeluargaan yang saya maksud di sini bukan hanya di antara anggota PPI yang aktif saat ini, tapi bagaimana kita merangkul teman-teman di luar PPI maupun yang baru datang untuk ikut membaur dalam keluarga PPI Auckland.


Mungkin ini klise banget sih, tapi seru untuk ditanya, apa motivasi Mas Widi untuk jadi ketua?

- Motivasi saya menjadi ketua bukan untuk sesuatu yang menguntungkan saya misal pemasukan, pengalaman or prestige. Tapi lebih sesuatu yang bersifat efektif, karena sementara berpisah dengan keluarga, saya membutuhkan wadah di mana saya merasa di rumah meski tinggal di perantauan (quote dari seorang teman bernama Muhammad Ikhwan). Jadi murni motivasi saya untuk menjadikan PPI benar-benar menjadi keluarga kita.



nznesia dan ppi auckland. Bro Hakim menjabarkan ide dan pendapat.

Problem kemahasiswaan di sana (di AKL)?

- Scope PPI Auckland ini cukup luas, dengan jumlah anggota yang cukup banyak serta heterogen, berasal dari berbagai kampus dan level pendidikan. Belum lagi motivasi masing-masing pelajar Indonesia di Auckland juga berbeda, ada yang fokus menimba ilmu untuk diimplementasikan ke Indonesia, ada juga yang mencari pekerjaan/ penghasilan bahkan ada yang ingin menjadi PR.

Hal tersebut sebelumnya bukan hanya tantangan bagi mahasisswa, tetapi juga ini adalah tantangan PPI ke depannya bagaimana kita bisa merangkul teman-teman dari background yang heterogen untuk menjadi homogen di PPI Auckland tanpa meninggalkan identitas dan harapan masing-masing.


Dan potensi yang ada di sana (di AKL)?

- Sangat luar biasa. Dengan jumlah anggota yang besar dan talenta yang dimiki masing-masing bisa sebetulnya menjadi modal berharga untuk kegiatan PPI. Sebagai contoh, jika teman-teman yang ahli gamelan, angklung, tari tradisional, tari kontemporer, menyanyi, ataupun alat musik, kita bisa gabungkan semua menjadi pertunjukan seni yang mengenakan budaya Indonesia ke komunitas NZ. Tentu saja acara tersebut akan sukses jika ditunjang publikasi yang menarik teman-teman yang ahli di bidang IT. Itu baru dari bidang seni dan IT, belum temasuk teman-teman yang punya kelebihan di bidang lain.

Ditambah lagi jika kita bisa menjalin kerjasama dengan komunitas Indonesia lainnya yang ada di Auckland.

Untuk menyatukan potensi tersebut di atas kuncinya adalah rasa kekeluargaan dan komunikasi yang baik.


'harapan gw untuk kolaborasi ini, ppi dan nznesia bisa saling bergandengan tangan dalam melaksanakan kegiatan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia di Auckland. '
- Hakim Ijas. ahli pemasaran nznesia.

Btw, mas Widi itu jurusannya ngapain yaa?

- Farmasi itu yah ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang terkait obat mulai sifat fisik dan kimianya, bagaimana membuat dan meraciknya, bagaimana menjaga kualitasnya hingga dikonsumsi, hingga memberikan informasi terkait obat kepada pihak yang membutuhkan. Ilmu farmasi itu juga aplikasinya luas untuk di apotek, industri farmasi, rumah sakit, maupun di pemerintahan.

Kalo kimia mungkin lebih general dibanding farmasi dengan menitik beratkan sesuatu yang menyusun benda misal atom,molekul, ion dll serta bagaimana mereaksikannya untuk menghasilkan sesuatu yang berbeda.


Kalau di dunia kerja itu seperti apa ? dan dulu waktu di Indonesia bekerja di mana?

- Saya sudah 8 tahun kerja di Badan Pengawas Obat dan Makanan lebih tepatnya di laboratorium pengujian obat tradisional, kosmetik, dan produk komplemen. Sehari-harinya saya melakukan pengujian secara kimia untuk jenis produk tersebut dengan tujuan menjamin kualitas dan keamanannya untuk dikonsumsi masyarakat.

Singkatnya ilmu farmasi dan kimia sangat esensial untuk pekerjaan dan tanggungjawab saya.


'Ya semoga kedepannya nznesia & ppia bisa berkarya dan berkontribusi seminimalnya buat sesama warga Indonesia di Auckland. Kalo bisa berkontribusi untuk Indonesia lebih bagus lagi, apalagi kalo berdua bisa kolaborasi.'
- Indra Yudhipratama. ahli operasional nznesia

Apa kesan pertama mas Widi terhadap nznesia?

- Biasa aja sih. Pernah lihat buka website dan baca magazinenya. Secara umum cukup menarik dan informatif.


Dan setelah bertemu langsung dengan mereka apakah berbeda dari kesan pertama?

- Ya ternyata NZNESIA terdiri dari teman-teman yang berpikiran kreatif, inovatif, dan “out of the box”.


Apa harapan ke depan?

- Semoga NZNESIA tambah eksis ke depannya serta makin informatif untuk individu maupun komunitas Indonesia baik yang akan datang, telah menetap, maupun sudah pulang dari NZ.


Mas Widi, kira-kira ada sepatah dua patah yang ingin disampaikan untuk temen-temen di Auckland?

- Untuk teman-teman muda, ayo gabung dengan PPI Auckland, satu keluarga untuk satu Indonesia


Dan terakhir, 1 kata untuk nznesia (2 juga boleh deh) ?

- Tetap semangat dan bermanfaat.


Terima kasih mas Widi, sehat+sukses dengan ppia nya

- Sama- sama


Ya ternyata NZNESIA terdiri dari teman-teman yang berpikiran kreatif, inovatif, dan “out of the box”.
- Widiyanto Kurniawan. Presiden PPI Auckland 2018-2019

#ppiauckland #nznesia #kuliahdiAuckland #pelajardiAuckland